25 Tanggapan untuk "Berburu Offer Letter dari Kampus Aussie dan UK "

  1. Hai, saya mau tanya kalo belum punya toefl atau ielts sama sekali, apakah bisa dapat LoA conditional? Apa kita bisa mengkosongkan bagian upload toefl pada saat me daftar online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, sebaiknya kita punya sertifikat bahasa. Jika belum bisa ambil IELTS/IBT, setidaknya TOEFL ITP :)

      Hapus
  2. Hai Mas Willy, saya mau tanya tentang mendaftar ke Monash, Australia. Karena saya lihat, gambar di atas tadi ada LoA Monash utk TESOL dan saya kebetulan sedang dalam proses pendaftaran utk course dan kampus yang sama. :) berapa lama kita menunggu email balasan dari mereka setelah kita submit ya mas? Dan syarat2 utk Monash (TESOL course) apa aja? Terimakasih sebelumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau tidak salah saya kemarin antara 2-3 minggu setelah submit dokumen. Syarat-syarat pendaftarannya tidak berbeda dengan kampus lainnya, mungkin bisa dicek langusung ke websitenya:
      https://www.study.monash/courses/find-a-course/2017/tesol-d6005#entry-requirements-2

      Hapus
  3. Halo mas. Mau make sure mas sorry tolong dijelasin, apakah daftar univ melalui agent diperkenankan oleh lpdp? Dan di LOA Uncond yang diterima, ada keterangan mengenai agent yg membantu? Terima kasih mas willy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak masalah mbak, dengan catatan jika ada biaya tambahan ditanggung sendiri oleh awardee. Berdasarkan pengalaman, keuntungan mendaftar lewat agen adalah kita tidak dikenakan registration fee untuk kampus di Australia. Sementara jika mendaftar sendiri kita diminta untuk membayar sejumlah uang agar aplikasi kita diproses. Kalau ingin lanjut ke UK, saran saya mendaftar sendiri saja lewat laman pendaftaran yang tersedia di setiap website universitas. Jika semua dokumen yang disyaratkan sudah lengkap, prosesnya mudah dan cepat.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  4. Pas mas willy bikin rencana studi form2 LPDP yg nunjukin Univ tujuan diisi apa mas? Kan pas daftar belum punya Univ. Terima kasih atas sharingnya. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kemarin mengisi University of Wollongong, Aussie (walaupun pada akhirnya tidak ke sana). Intinya sebelum menulis rencana studi, lakukan research terlebih dahulu pada kampus tujuan, pelajari courses/module-nya. Jika ada modul dr jurusan kita yang mendukung untuk pengembangan profesional kita bisa masukkan sebagai alasan penguat di rencana studi.

      Semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Hallo Mas Willy..
    Mau tanya, ketika kita mendaftar ke lebih dari 1 kampus di UK apakah Personal Statement harus berbeda2? atau boleh sama tapi hanya dimodif2 dikit?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,
      saya kemarin hanya satu secara umum, namun ada modifikasi kecil disesuaikan dengan kampus dan jurusan yang kita tuju.

      Hapus
  6. Halo, Mas Willy. Saya lihat Mas Willy dapat lebih dari satu offer letter dan hanya akan memilih salah satu dari beberapa letter tersebut. Nah, kalau kita menolak offer letter yang lain apa harus mengirim surat tertentu ke pihak kampusnya atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mas Akbar.
      Tidak perlu kirim surat tertentu mas, kalau kita mendaftar ke kampus UK biasanya ada portal pendaftaran. Nanti jika dapat offer ada opsi untu "accept" atau "reject", tinggal dipilih saja. Kecuali yang Monash University, karena kemarin saya daftar lewat agen, saya perlu memberi tahu ke agen kalau saya tidak menerima offernya.

      Semoga membantu :)

      Hapus
  7. Mas Willy, bisa lihat PDF offer letter monash gak hehe? Ane pengen liat aja kayak gimana sih offer letternya. Bisa kirim ke asafebryanperdana@gmail.com. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kontak saya lewat FB jika berkenan..

      Hapus
    2. Sudah saya add fbnya mas. Kirim coba ya hehe, pengen lihat

      Hapus
  8. Mas, saya kemarin mendaftar di curtin university dan mendapat konfirmasi status aplikasi saya offered latter. Terus gmana ya mas? bisa minta kontak email atau apa untuk dihubungi. saya mau minta saran atau nasihat. Kontak email saya irvanamahfudin@gmail.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kontak saya via FB, ada tautannya di halaman "about me". Insya Allah bisa sharing nanti.

      Hapus
  9. Halo mas willy, membantu sekali postingannya, mau tanya kalau saya hanya memiliki sertifikat toefl itp baiknya coba apply nanti baru upgrade setelah dapat conditional atau tes ielts dulu baru daftar?
    karena course ielts saya belum selesai jadi belum PD buat daftar:D
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mbak Fatimah.
      Bisa mbak biasanya. Dulu saya juga pakai sertifikat TOEFL ITP untuk daftar ke beberapa kampus. Kalau application-nya successful nanti dikasih conditional offer mbak. Statusnya akan berubah menjadi unconditional setelah mbak Fatimah men-submit sertifikat IELTS/IBT yang disyaratkan.
      semoga membantu :)

      Hapus
  10. Hallo mas willy saya mau tanya itu sertifikat bahasa seperti ielts itu yang resminya bisa didapatkan dimama ya untuk mendaftar?

    BalasHapus
  11. Hallo mas willy, saya berencana daftar ke monash uni, bolehkah saya minta personal statement yang mas willy pernah ajukan ke monash, untuk bahan referensi saja mas hehe

    BalasHapus
  12. see here now replica bags vuitton next page replica bags sydney Read Full Article replica bags wholesale hong kong

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar ya!!!